Dahlan bangga banyak perusahaan BUMN jadi besar

Senin, 22 April 2013 - 10:34 WIB
Dahlan bangga banyak perusahaan BUMN jadi besar
Dahlan bangga banyak perusahaan BUMN jadi besar
A A A
Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mengaku senang dengan kemajuan bank BUMN, karena di masa lalu bank-bank pelat merah sering diledek dan dianggap tidak mampu bersaing dengan bank swasta.

"Bank BUMN dulu dihina-hina tapi sekarang bisa mengalahkan bank mana saja. Laba Bank Mandiri mencapai Rp15 triliun pada 2012. Ini suatu kemajuan pesat," katanya dalam acara Mandiri CFO Forum 2013 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Namun, di sisi lain Dahlan juga merasa khawatir dan prihatin karena perekonomian seharusnya berada di tangan rakyat, bukan BUMN.

"Tapi di lain pihak saya prihatin. Karena saya termasuk orang yang percaya bahwa ekonomi Indonesia harus di tangan rakyat bukan BUMN. Ini kegelisahan saya akhir-akhir ini," tutur dia.

Dahlan mengatakan, hal tersebut karena dia melihat apabila BUMN diberikan kewenangan, fokus pada bisnis, serta tidak direcoki hal-hal politis maka BUMN akan semakin besar dan menggurita

"Contohnya industri kapal Indonesia (IKI) di Makassar yang sudah lima tahun kolaps. ketika dibenahi SDM-nya sekarang berkembang pesat, lalu Pelindo II yang sekarang jadi IPC (Indonesian Port Corporation), itu pelabuhan Tanjung Priok sekarang bagus. Bahkan saking bagusnya sampai kekurangan tempat untuk melayani konsumen," pungkas dahlan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8063 seconds (0.1#10.140)