Swasta diminta berani lawan BUMN

Senin, 22 April 2013 - 10:47 WIB
Swasta diminta berani lawan BUMN
Swasta diminta berani lawan BUMN
A A A
Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mengimbau pihak swasta yang cenderung mengerem bisnis, dikarenakan situasi perekonomian global yang tidak menentu, melawan BUMN yang sudah semakin menggurita dalam mengembangkan bisnis.

"Ada tanda tanya, apakah swasta lagi mengerem akibat situasi global, karena BUMN sudah kita minta tidak membatalkan proyek apapun, dan kalau swasta ngerem tidak baik karena bisa tidak seimbang," ujarnya di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Menurutnya, jika BUMN terlalu maju maka akan tidak baik. "Karena forum ini banyak mengundang pihak swasta, saya ingin memberitahu swasta tolong lawan BUMN, jangan dibiarkan," ujarnya.

Dia menjelaskan, apabila swasta aktif dalam bersaing dengan BUMN maka belum tentu salah satu pihak mengalami kekalahan bisnis. Tetapi hal ini bisa menjadi simbol ekspansi swasta dan perusahaan pelat merah dalam menghadapi perusahaan-perusahaan asing.

"Ada juga logika yang mengatakan apabila swasta melawan, BUMN akan mati, belum tentu hal tersebut terjadi.Kenyataan sehari-hari apabila pihak A melawan B belum tentu salah satu mati, bisa dua-duanya menang malah yang mati bisa si C atau D. Ini yang kita harapkan, swasta dan BUMN menjadi kuat, yang kalah mungkin pihak asing. Jadi apabila BUMN dan swasta sama-sama ekspansi maka akan baik," pungkas Dahlan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5004 seconds (0.1#10.140)