Ini ide Hatta atasi defisit neraca perdagangan

Senin, 22 April 2013 - 16:59 WIB
Ini ide Hatta atasi...
Ini ide Hatta atasi defisit neraca perdagangan
A A A
Sindonews.com - Pelaksana Tugas (plt) Menteri Keuangan Hatta Rajasa mengatakan, untuk mengatasi defisit neraca perdagangan akibat migas, dia menganjurkan beberapa hal untuk segera dilaksanakan agar Indonesia tidak mengalami defisit neraca perdagangan dalam jangka panjang.

"Pertama dari sisi produksi kita harus meningkatkan dan membangun kilang-kilang minyak yang artinya kita menghilangkan ketergantungan terhadap impor kita dengan cara membangun kilang," ujarnya di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Kedua, lanjut Hatta, diversifikasi energi merupakan suatu hal wajib karena selama ini Indonesia terlalu bergantung kepada energi dari fosil. Dan dia mengajak semua pihak untuk mengembangkan energi yang terbarukan.

"Sedangkan yang ketiga adalah penghematan energi. Sudah saatnya kita melihat energi bukan hanya demand tetapi kita harus lihat juga dari sisi supply-nya," tutupnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hari ini melaksanakan prosesi sertijab (serah terima jabatan) dari Menteri Keuangan lama Agus Martowardojo kepada Plt (Pelaksana tugas) Menteri Keuangan Hatta Rajasa.

Dalam sambutannya, Hatta memberikan selamat kepada Agus atas jabatan barunya di Bank Indonesia dan berharap koordinasi dapat terus dijaga antara Kemenkeu dan Bank Indonesia.

"Saya berharap tidak ada hambatan karena Pak Agus pernah di semua sektor dan menguasai fiskal, moneter dan sektor riil," tutupnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0787 seconds (0.1#10.140)