OJK-KPPU akan samakan persepsi soal kartel perbankan

Senin, 22 April 2013 - 19:24 WIB
OJK-KPPU akan samakan persepsi soal kartel perbankan
OJK-KPPU akan samakan persepsi soal kartel perbankan
A A A
Sindonews.com - Menanggapi isu kartel perbankan yang sedang ramai dibicarakan, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad mengatakan pihaknya harus membicarakan hal tersebut dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

"Tentu saja kita harus bicara dengan KPPU agar menyamakan persepsi karena faktor persaingan saya kira itu jadi perhatian. Karena dengan persaingan harga jadi turun dan juga konsumen diuntungkan. Jadi apa yang jadi perhatian nanti kita bahas dengan KPPU lah," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Dia mengutarakan, penting agar pengawasan bank segera masuk ke ranah OJK agar dia bisa mengomunikasikan masalah ini dengan pihak-pihak terkait.

"Yang penting pengawasan bank masuk dulu ke OJK tahun depan sekarang sedang transisi. Mudah-mudahan lancar setelah itu komunikasi dengan lembaga lain mengenai ini," lanjutnya.

Muliaman sebagai orang perbankan menilai bahwa hal yang terpenting terkait kartel perbankan ini adalah peraturan. Dia memberi contoh, apabila ada aturan yang jelas, dua perusahaan pun tidak akan pernah menjadi kartel karena kompetisi antar perusahaan tetap terjaga.

"Yang penting itu conduct-nya (aturan), perusahaan bisa cuma dua tapi kalau perusahaan ini kompetitif itu tidak jadi persoalan, perusahaan banyak tapi mereka kongkalikong itu malah tidak bagus," jelasnya.

"Yang penting bagaimana menjaga agar ada conduct yang baik walaupun secara institusional terbatas tapi secara conduct, itu yang harus kita jaga," tambahnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7089 seconds (0.1#10.140)