Solar langka, perajin genteng di Jombang tak beroperasi

Selasa, 23 April 2013 - 10:28 WIB
Solar langka, perajin genteng di Jombang tak beroperasi
Solar langka, perajin genteng di Jombang tak beroperasi
A A A
Sindonews.com - Kelangkaan solar membuat puluhan pengusaha atau perajin genteng di sentra kerajinan genteng di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim) tidak beroperasi.

Ahmad Fadlan, perajin genteng asal daerah tersebut megaku, sudah beberapa hari terakhir, mesin-mesin penggilingan tana milik para perajin tidak bisa beroperasi karena kehabisan solar.

Menurutnya, tidak hanya mesin penggilingan tanah saja, mobil-mobil rakitan yang biasanya dipakai mengangkut genteng dengan mesin diesel pun tida bisa dioperasikan. Mereka mengaku kesulitan mencari solar.

Sebab, banyak SPBU di Jombang saat ini yang tidak mau melayani pembelian solar dengan jerigen dengan alasan menghindari terjadinya penimbunan. Sehingga para perajin genteng merasa dirugikan.

Padahal, tidak sedikit dari perajin yang mengaku sedang menerima order pembuatan genteng dalam jumlah besar. "Namun, akibat solar langka, kami tidak bisa beroperasi dan rugi," katanya, Selasa (23/4/2013).

Bahkan, akibat kelangkaan solar, para perajin genteng pun terpaksa harus meliburkan para karyawannya. Mereka berharap pemerintah segera menormalkan kembali stok solar di SPBU agar aktivitas para perajin genteng agar kembali berjalan normal.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8105 seconds (0.1#10.140)