Penjualan PC Q1/2013 di Asia Pasifik turun

Selasa, 23 April 2013 - 10:52 WIB
Penjualan PC Q1/2013 di Asia Pasifik turun
Penjualan PC Q1/2013 di Asia Pasifik turun
A A A
Sindonews.com - Pasar PC di wilayah Asia Pasifik, termasuk Jepang, mengalami penurunan dua digit pada kuartal pertama (Q1) tahun ini. Kondisi ini terjadi akibat permintaan lemah dan respons hangat terhadap sistem operasi baru Windows 8.

Seperti dikutip dari Taipei Times, Selasa (23/4/2013), berdasarkan data riset International Data Corp (IDC), sebanyak 26,4 juta PC telah dikapalkan di wilayah tersebut dalam tiga bulan pertama tahun ini. Angka tersebu turun 8 persen dari kuartal sebelumnya dan 13 persen dari tahun sebelumnya.

Acer Inc telah melakukan pengiriman PC di wilayah itu turun hingga 35 persen dari tahun ke tahun. Penurunan terbesar di antara lima vendor teratas, sehingga pangsa pasarnya jatuh satu tempat ke posisi keempat sebesar 8,2 persen.

Begitu juga dengan Asustek Computer Inc yang mencatat penurunan 15 persen dalam pengiriman dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Tetapi perusahaan tetap sebagai vendor PC terbesar kelima di kawasan dengan pangsa 7,3 persen.

Sementara, Lenovo Group Ltd tetap sebagai pemain top dengan pangsa pasar 22,8 persen, Hewlett-Packard Co dan Dell Inc berada pada posisi kedua dengan 9,8 persen.

"Kurangnya proposisi nilai yang kuat untuk membeli PC terus mengalihkan belanja konsumen terhadap tablet dan smartphone," kata Research Manager IDC untuk kawasan Asia-Pasifik, Handoko Andi.

Dia mengatakan, bahwa pengenalan Windows 8 tidak membantu mendorong pengiriman PC setinggi yang perkirakan awal dari IDC.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6231 seconds (0.1#10.140)