Kementerian Keuangan siap bantu PBB-P2 Muaraenim

Selasa, 23 April 2013 - 20:47 WIB
Kementerian Keuangan siap bantu PBB-P2 Muaraenim
Kementerian Keuangan siap bantu PBB-P2 Muaraenim
A A A
Sindonews.com - Kementerian Keuangan RI melalui Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan siap membantu pelaksanaan Pajak Bumi Bangunan-Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Muaraenim. Hal ini, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muaraenim

Direktur Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Kementerian Keuangan RI, Rukijo mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim memiliki peluang yang besar untuk dapat meningkatkan PAD melalui pendapatan dari PBB-P2.

Dengan melakukan validasi objek diharapkan, PAD Kabupaten Muaraenim yang saat ini naik sekitar tujuh persen per tahun dapat meningkat menjadi sepulu persen per tahun.

Sedangkan, untuk membantu mensukseskan PBB-P2 di Kabupaten Muaraenim 2014, Pemerintah pusat akan melakukan kegiatan-kegiatan dukungan. Seperti pengiriman pegawai magang di Kementerian Keuangan melalui proses pembelajaran, bahkan hingga lulus jenjang kualifikasi sesuai kemampuan setara dengan diploma satu (D1).

"Dengan proses magang ini, diharapkan akan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni di bidangnya. Sehingga, nantinya tidak perlu lagi menggunakan tenaga konsultan," ujar Rukijo pada kegiatan sosialisasi PBB-P2 di Ruang Serbaguna Hotel Griya Serasan Sekundang, Selasa (23/4/2013).

Untuk mensukseskan PBB-P2 2014, kata dia, ada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan Pemerintah daerah. Di antaranya, perumusan perangkat hukum setingkat Peraturan Dearah (Perda) yang bersinergis antara eksekutif dan legislatif, kesiapan organisasi yang harus dimanajemen dengan baik serta faktor SDM.

Selain itu, sarana dan prasarana juga harus optimal sehingga pemutakhiran data setiap objek pajak dan kordinasi antar unit daerah (eksekutif dan legislatif) harus sejalan.

"Tak kalah penting, sosialisasi dan edukasi di setiap kalangan harus berjalan seperti di lingkungan masyarakat umum maupun lingkungan pendidikan agar sukses penerapan PBB-P2," tukas dia.

Asisten III Bidang Administrasi dan Keuangan, Ibrahim Ilyas mengakui bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim siap menjalankan program PBB-P2. Hal ini dibuktikan dengan sudah dirumuskan Perda Nomor 10 Tahun 2010 tentang pajak daerah.

"Penyiapan SDM salah satu langkah mensukseskan PBB-P2, dengan metode bimbingan teknis," ucapnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8406 seconds (0.1#10.140)