Indonesia-Tunisia sepakat kerja sama pertanian

Kamis, 25 April 2013 - 17:33 WIB
Indonesia-Tunisia sepakat kerja sama pertanian
Indonesia-Tunisia sepakat kerja sama pertanian
A A A
Sindonews.com - Indonesia dan Tunisia sepakat menjalin kerja sama dalam bidang pertanian dan peternakan. Kesepakatan itu tercapai dalam pertemuan antara Menteri Pertanian RI Suswono dengan Menteri Pertanian Tunisia Mohamed Ben Salem, pada 24 April 2013 waktu Tunisia.

Dalam pertemuan tersebut Mohamed yang didampingi sejumlah staf dan pengusaha palm oil memaparkan peluang kerja sama di bidang pertanian, perikanan, kelautan, dan peternakan.

Mohamed mengungkapkan, Tunisia sangat membutuhkan mesin-mesin pencacah untuk mengolah ampas atau sisa pengolahan minyak zaitun menjadi pakan ternak. "Indonesia sudah melakukan hal itu dengan mengolah limbah atau bungkil kelapa sawit menjadi pakan ternak," katanya dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Kamis (25/4/2013).

Menurutnya, Tunisia perlu belajar dari Indonesia yang dari sisi pengalaman dan pengembangan teknologi pertanian lebih maju dibanding Tunisia.

Menanggapi hal itu, Suswono menyatakan akan menindaklanjuti pertemuan itu dengan kerja sama yang lebih konkrit.

"Kita akan kirim mesin-mesin pengolah limbah sisa pengolahan minyak zaitun menjadi pakan ternak. Juga mengirim tenaga-tenaga ahli di bidang pertanian ke Tunis," jelas Suswono.

Kesepakatan-kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan tersebut belum dapat dituangkan dalam perjanjian kerja sama dan ditandatangani. Hal itu disebabkan koordinasi di antara kementerian di Tunisia belum efektif.

Mentan Tunisia berjanji MoU akan ditandatangani pada Juni atau Juli 2013 saat kunjungan balasan Mentan Tunisia ke Indonesia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6308 seconds (0.1#10.140)