Samsung rajai penjualan smartphone global

Jum'at, 26 April 2013 - 11:09 WIB
Samsung rajai penjualan smartphone global
Samsung rajai penjualan smartphone global
A A A
Sindonews.com - Samsung Electronics Co menguasai sepertiga dari pasar smartphone global pada kuartal pertama (Q1) 2013, akibat perlambatan pertumbuhan yang dialami pesaing utama Apple iPhone.

Lembaga penelitian berbasis di Boston AS, Strategy Analytics melaporkan, pengiriman smartphone Samsung melonjak 56 persen menjadi 69,4 juta unit pada kuartal hingga Maret.

Sementara pengiriman iPhone Apple naik 6,6 persen menjadi 37,4 juta unit. Disusul LG Electronics Inc di tempat ketiga untuk pertama kalinya.

Pengiriman smartphone global pada periode tersebut naik 36 persen menjadi 209,5 juta unit, didorong adopsi layanan generasi ketiga (3G) di China dan layanan generasi keempat (4G) di AS.

Samsung membukukan rekor penjualan bergelombang dari handset Galaxy seiring meningkatnya permintaan smartphone high-end dan fitur ponsel murah di pasar negara berkembang.

"Samsung mengirim hampir dua kali lebih banyak di pasar smartphone dan tumbuh sembilan kali lebih cepat dari Apple pada kuartal ini," kata Neil Mawston, analis dari Strategy Analytics dalam pernyataannya, seperti dilansir dari Bloomberg, Jumat (26/4/2013).

"Samsung harus memberikan volume smartphone yang kuat di seluruh dunia pada kuartal kedua," tambahnya.

Samsung dan Apple memimpin pasar smartphone global dengan pangsa pasar, masing-masing 33,1 persen dan 17,9 persen. LG di urutan ketiga dengan pangsa pasar 4,9 persen.

Huawei Technologies Co dan ZTE Corp (763), dua pembuat ponsel terbesar di China, keluar dari lima besar dengan pangsa pasar, masing-masing sebesar 4,8 persen dan 4,3 persen.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4525 seconds (0.1#10.140)