IMF dukung rencana reformasi ekonomi Spanyol

Sabtu, 27 April 2013 - 11:52 WIB
IMF dukung rencana reformasi ekonomi Spanyol
IMF dukung rencana reformasi ekonomi Spanyol
A A A
Sindonews.com - Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF), Christine Lagarde menyatakan dukungannya terhadap rencana reformasi ekonomi Spanyol untuk mengejar konsolidasi fiskal secara bertahap.

"Saya sangat mendukung tujuan pemerintah Spanyol untuk mengembalikan posisi fiskal yang sehat guna mengamankan pemulihan dan menciptakan lapangan kerja," kata Lagarde, seperti dilansir dari People Daily, Sabtu (27/4/2013).

"Pengumuman hari ini untuk mengejar jalur konsolidasi lebih bertahap sebagai langkah awal menuju tercapainya tujuan membangun reformasi utama dan perbaikan fiskal struktural tahun lalu," tambahnya.

Lagarde mengatakan, IMF berharap dapat membahas langkah-langkah yang mendukung strategi baru selama review ekonomi tahunan Spanyol, yang dijadwalkan awal Juni nanti.

Pemerintah Spanyol mengumumkan Jumat pagi waktu setempat, paket baru reformasi ekonomi yang bertujuan memacu pertumbuhan setelah tahun penghematan yang mengakibatkan melonjaknya pengangguran.

Paket termasuk rencana tahunan untuk meningkatkan lapangan kerja, insentif fiskal bagi perusahaan kecil dan menengah, langkah-langkah membantu perusahaan untuk go global, serta visa khusus bagi investor asing.

Pemerintah memperkirakan, perekonomian Spanyol akan mengalami kontraksi 1,3 persen pada 2013 dengan defisit 6,3 persen, sebelum melanjutkan pertumbuhan pada 2014. Defisit akan turun menjadi 5,5 persen tahun depan, tetapi tidak akan dibawa di bawah target 3 persen sampai 2016.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5626 seconds (0.1#10.140)