Menteri Ekonomi Prancis kunjungi Hong Kong

Sabtu, 27 April 2013 - 13:14 WIB
Menteri Ekonomi Prancis kunjungi Hong Kong
Menteri Ekonomi Prancis kunjungi Hong Kong
A A A
Sindonews.com - Menteri Ekonomi dan Keuangan Prancis Pierre Moscovici melakukan kunjungan ke Hong Kong untuk membicarakan kerja sama internasionalisasi yuan.

Dilansir dari People Daily, Sabtu (27/4/2013), setelah ikut dalam rombongan delegasi Presiden Francois Hollande di Beijing, dia melanjutkan perjalanan ke Hong Kong sebelum kembali ke Prancis.

Dalam sebuah makan malam yang diselenggarakan Konsulat Jenderal Prancis di Hong Kong dan Macau, Moscovici mengatakan, Hong Kong adalah investor utama di Eropa.

Dalam sambutannya, Moscovici mengemukakan, pihaknya telah aktif mengambil langkah-langkah reformasi ekonomi untuk memulihkan dan mempertahankan daya saing global Prancis. Tindakan tegas diambil untuk memangkas defisit struktural sehingga dapat menjalankan anggaran berimbang pada 2017.

Dia mengatakan, konsolidasi fiskal Prancis, bertentangan dengan persepsi umum, dan akan lebih bergantung pada pemotongan belanja daripada kenaikan pajak.

"Perlu dicatat bahwa reformasi struktural utama, termasuk reformasi di pasar tenaga kerja, sistem pensiun, perumahan, energi dan transportasi telah terdaftar di agenda," ujarnya.

Moscovici mengungkapkan, ekspor Prancis ke Hong Kong telah naik dua kali lipat selama tiga tahun terakhir, sehingga terjadi surplus sebesar 5,4 miliar euro pada 2012. Ini adalah surplus perdagangan terbesar kedua setelah barang ekspor utama Inggris termasuk produk mewah, produk aeronautika serta peralatan informasi dan komunikasi.

Menurut Moscovici, internasionalisasi yuan adalah salah satu daerah yang potensial untuk kerja sama. Pusat keuangan Paris memainkan peran penting dalam arus perdagangan dan investasi antara China dan Afrika (negara berbahasa Prancis) dan Paris memiliki segala yang dibutuhkan untuk menjadi pemain utama pasar yuan di zona euro.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5667 seconds (0.1#10.140)