Jasa Marga janji tol Bali beroperasi sebelum APEC

Senin, 29 April 2013 - 15:17 WIB
Jasa Marga janji tol Bali beroperasi sebelum APEC
Jasa Marga janji tol Bali beroperasi sebelum APEC
A A A
Sindonews.com - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menyatakan, segera mengoperasikan tiga ruas tol baru pada tahun ini. Pertama, jalan tol Bali rute Bandara Internasional Ngurah Rai-Nusa Dua-Benoa, yang akan dioperasikan sebelum APEC.

"Ngurah Rai-Nusa Dua-Tanjung Benoa bisa selesai tahun ini. Secara fisik semua seksi sudah selesai di atas 90 persen. Sebelum APEC bisa dioperasikan (Oktober)," ujar Direktur Utama JSMR, Adityawarman usai RUPS di Hotel Dharmawangsa Jakarta Selatan, Senin (29/4/2013).

Ruas tol berikutnya, operator jalan tol terbesar di Indonesia ini optimis bisa mengoperasikan tol Semarang-Solo yakni seksi ruas Ungaran-Bawen. "Ini bisa dibuka pada 2013, karena tanah sudah dibuka atau dibebebaskan semua. Ruas ini bisa dioperasikan 2013," katanya.

Meskipun masih terkendala pembebasan lahan, namun pihaknya mengaku siap membuka ruas tol JORR di DKI Jakarta. "JORR W2 utara tahun ini bisa operasikan dari Kebun Jeruk-Ciledug. Ini seharusnya bisa sampai Ulujami, tapi yang dari Ciledug sampai Ulujami masih ada masalah pembebasan tanah," jelas dia.

Meski demikian, pihaknya telah diminta pemegang saham untuk mempercepat penyelesaian pengembangan proyek tol Gempol-Pandaan. Namun, proyek ini masih terkedala persoalan klasik. Yakni pembebesan lahan sebesar 1 persen. Meski kecil namun hal itu sangat menghambat penyelesaian ruas tol tersebut.

Sementara, Direktur Keuangan Jasa Marga, Reynaldi Hermansjah mengatakan, bahwa pengembangan dan penyelesaian ruas tol tersebut, Jasa Marga akan mengeluarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp6,9 triliun.

"Capex 2012 sebesar Rp3,5 triliun dan tahun ini ditargetkan Rp6,9 triliun. Kita operasikan ruas baru sehingga capex double," pungkas Reynaldi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7473 seconds (0.1#10.140)