Investor mulai lirik Majalengka

Selasa, 28 Mei 2013 - 17:17 WIB
Investor mulai lirik Majalengka
Investor mulai lirik Majalengka
A A A
Sindonews.com - Minat investor berinvestasi di Jawa Barat (Jabar), tidak lagi terpusat di kawasan tertentu, seperti Bekasi, Karawang, Bogor, dan Purwakarta.

Saat ini, investor mulai melirik kawasan lain seperti Majalengka dan Cirebon. Padahal, selama ini kawasan tersebut kurang diminati investor.

"Kabupaten Majalengka mulai dilirik investor. Kawasan ini menjadi lima daerah yang menyerap investasi terbesar di Jabar. Peningkatan minat investasi di Majalengka, sejalan rencana pemerintah mengembangkan Bandar udara di kawasan tersebut," kata Kabid Pengandalian Badan Koordinasi Promosi dan Penanaman Modal Daerah (BKPPMD) Jabar, Rina Mutmainah, Selasa (28/5/2013).

Menurutnya, minat investor berinvestasi di Majalengka tercatat mencapai Rp577 miliar. Meski demikian, Kasubid Data dan Informasi, Harun Darise mengatakan, Kabupaten Bekasi, Karawan, Bogor, dan Purwakarta masih menempati posisi tertinggi daerah yang paling diminati investor.

Minat investasi sampai triwulan I/2013 di Kabupaten Bekasi mencapai Rp8,09 triliun. Disusul Kabupaten Karawang sebesar Rp4,55 triliun, Kabupaten Bogor sebesar Rp2,43 triliun, dan Kabupaten Purwakarta sebesar Rp797,3 miliar.

"Walaupun upah minimum kota (UMK) di kawasan tersebut meningkat cukup signifikan, tapi sampai saat ini belum berdampak signifikan terhadap penurunan minat investor," jelas Harun.

Sebagian besar, kata dia, investor melakukan pengembangan pada sektor padat modal dengan investasi tertinggi pada sektor industri logam, mesin, dan elektronika.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6441 seconds (0.1#10.140)