Bikin pulau buatan, Ancol siapkan Rp500 M

Kamis, 30 Mei 2013 - 14:43 WIB
Bikin pulau buatan,...
Bikin pulau buatan, Ancol siapkan Rp500 M
A A A
Sindonews.com - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) tengah berkonsentrasi mengerjakan proyek reklamasi pulau seluas 700 hektar (ha), dengan nilai investasi mencapai Rp500 miliar. Sebagai tahap pertama, perseroan akan mengerjakan reklamasi seluas 160 ha.

"Dananya sebagai tahap awal Rp300 miliar dan tahun kedua Rp200 miliar," kata Direktur Utama PJAA, Gatot Setyo Waluyo usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta, Kamis (30/5/2013).

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa reklamasi ini nantinya akan beroperasi dengan menampung lumpur tujuh sungai di seluruh Jakarta. Di mana, lumpur yang berhasil ditampung akan dimanfaatkan untuk membuat pulau buatan.

Pulau buatan ini akan digunakan sebagai landbank (lahan cadangan) yang ditujukan untuk pengembangan bisnis properti, yang digarap perseroan.

"Jadi, kami akan membangun lumpur sebagai dasar untuk pusat pembangunan dan sisanya akan kami bangun untuk rumah susun dan apartemen, perkantoran serta membangun thema park yang bertema air di pulau tersebut," paparnya.

Untuk membiayai proyek itu, dia menyatakan, akan dipenuhi dari kombinasi pendanaan yang bersumber dari penerbitan obligasi dan kas internal perseroan.

Perseroan memang akan menerbitkan obligasi dengan kisaran Rp400 miliar. Sementara kas internal perseroan per Desember 2012 mencapai Rp600 miliar.

"Komposisi (pendanaan) dari obligasi dan kas internal, namun kami belum bisa sebutkan porsinya," tutur dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2345 seconds (0.1#10.140)