Tim investigasi Freeport segera lapor pemerintah

Jum'at, 07 Juni 2013 - 18:15 WIB
Tim investigasi Freeport segera lapor pemerintah
Tim investigasi Freeport segera lapor pemerintah
A A A
Sindonews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah melakukan rapat dengan tim investigasi Freeport di Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Jakarta, Jumat (7/6/2013) .

Ketua tim investigasi Freeport, Ridho Wattimeda mengatakan, rapat pertama membahas laporan awal tragedi di Freeport. Namun, tim investigasi belum melaporkan secara keseluruhan rekomendasi atas insiden di tambang bawah tanah Big Gossan. "Secepatnya rekemondasi akan segera kami sampaikan," ujar Ridho.

Sementara itu, Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM, Thamrin Sihite menyatakan, bahwa rapat hanya bersifat teknis. Sehingga, belum ada keputusan resmi yang akan dikeluarkan pemerintah. "Rapat hanya teknis yang kita bicarakan," jelasnya.

Thamrin menekankan, bahwa rekomendasi yang diperlukan pemerintah tidak hanya dari tim investigasi indepen. Tapi, juga rekomendasi dari pihak-pihak terkait dan laporan inspektur tambang Kementerian ESDM. "Bukan hanya tim investigasi, ada inspektur tambang dikombinasikan," jelas Thamrin.

Seperti diberitakan sebelumnya, tragedi runtuhnya tambang bawah tanah Freeport di area Big Gossan, Timika Papua, terjadi pada Selasa (14/5/2013) lalu. Kejadian tersebut menelan korban 28 orang meninggal, 5 mengalami luka berat dan 5 pekerja luka ringan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7392 seconds (0.1#10.140)