Qatar lepas 10% saham Porsche

Senin, 17 Juni 2013 - 19:15 WIB
Qatar lepas 10% saham Porsche
Qatar lepas 10% saham Porsche
A A A
Sindonews.com - Qatar Holding LLC melaporkan telah melepas 10 persen saham di Porsche Automobil Holding SE (PSE). Namun, mereka tetap mempertahankan 17 persen saham Volkswagen (VW), yang juga pemilik merek mobil mewah Porsche.

"Atas penjualan yang dilakukan Qatar berarti semua saham umum Porsche SE kembali dipegang keluarga Porsche dan Piech," kata Ketua Dewan Pengawas Porsche, Wolfgang Porsche, seperti dilansir dari AFP, Senin (17/6/2013).

"Ini adalah ekspresi keyakinan kita di masa depan yang sejahtera dari Porsche SE pemegang saham terbesar Volkswagen AG. Kami berharap terus bekerja dengan Qatar Holding sebagai pemegang saham strategis dari kelompok otomotif yang terintegrasi," jelasnya.

Sementara Qatar mengatakan, pihaknya telah sepakat dengan pemegang saham keluarga untuk menjual saham PSE, tanpa menyebut jumlah.

"Hasil transaksi ini sebagai langkah logis setelah penciptaan grup otomotif terpadu antara Volkswagen dan Porsche AG yang selesai pada 2012," katanya.

Qatar masih menjadi pemegang saham terbesar ketiga di VW, yang merupakan pembuat mobil terbesar di Eropa, setelah PSE dan negara bagian Jerman Lower Saxony.

"Sebagai investor strategis jangka panjang, kami percaya bahwa Volkswagen merupakan investasi yang unik dan kami senang memainkan peran integral membawa Volkswagen dan Porsche AG bersama-sama," ujar Ahmad Al-Sayed, CEO Qatar Holding.

Qatar mengatakan, penjualan adalah konsekuensi logis dari pengambilalihan VW Porsche AG tahun lalu. PSE memiliki 50,7 persen dari Grup VW, yang pada gilirannya memiliki Porsche AG dan banyak merek lain.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0188 seconds (0.1#10.140)