Harga bawang dan minyak goreng di Sulbar naik

Selasa, 18 Juni 2013 - 17:12 WIB
Harga bawang dan minyak goreng di Sulbar naik
Harga bawang dan minyak goreng di Sulbar naik
A A A
Sindonews.com - Sejumlah bahan pokok di Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) kembali mengalami kenaikan harga dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, seperti bawang merah dan minyak goreng. Jika sebelumnya, harga bawang merah di pasar sebesar Rp20 ribu per kilogram (kg), kini menjadi Rp25 ribu per kg.

Sementara, harga minyak goreng curah yang sebelumnya dijual di pasar sebesar Rp10 ribu menjadi Rp15 ribu. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Polman, Syarifuddin mengakui adanya kenaikan beberapa kebutuhan pokok tersebut.

Menurutnya, dari hasil pantauan di pasar yang dilakukan setiap minggu, selain adanya kenaikan, beberapa kebutuhan pokok lainnya mengalami penurunan. Seperti, bawang putih yang sebelumnya dijual seharga Rp20 ribu per kg, turun menjadi Rp15 ribu per kg.

Selain itu, Syarifuddin mengaku penurunan juga ditemui pada komoditi cabai keriting. "Selain itu, harga sejumlah komoditi lainnya masih normal," katanya.

Dia menurturkan, khusus cabai keriting yang telah mengalami penurunan disebabkan karena pedagang sulit mendapatkan dari luar daerah seperti Enrekan yang selama ini terjadi. Melainkan, sebagian merupakan produksi lokal petani di Polman.

Sementara, terhadap bahan pokok yang mengalami kenaikan, kata Syarifuddin bukan disebabkan karena dampak dari kebijakan untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Melainkan karena pasokan yang kurang.

Syarifuddin menilai, kenaikan beberapa kebutuhan pokok tersebut belum terlalu signifikan karena baru berkisar antara lima persen. Sehingga kenaikan ini dinilai masih normal.

"Jika kenaikan sudah mencapai 7-10 persen, baru akan dipikirkan bagaimana pengendalian untuk dilakukan operasi pasar," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1006 seconds (0.1#10.140)