Ibris Nickel rogoh USD1,8 M bangun smelter

Rabu, 19 Juni 2013 - 17:44 WIB
Ibris Nickel rogoh USD1,8 M bangun smelter
Ibris Nickel rogoh USD1,8 M bangun smelter
A A A
Sindonews.com - Ibris Nickel Pte. Ltd menandatangani kesepakata dengan Yong-Xing Alloy Materials Technology Taizhou Co. Ltd untuk membangun unit pengolahan dan pemurnian (smelter) dengan produk akhir berupa Nickel Pig Iron (NPI) di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Direktur dan CEO Ibris Nickel, Arwan Ahimsa menuturkan, investasi yang digelontorkan mencapai USD1,8 miliar dengan permulaan pembangunan dua train sebagai pilot project. "Total smelter yang akan kami bangun berjumlah 40 train," kata dia di Menara Batavia, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Dia memproyeksikan train pilot project tersebut akan rampung pada awal tahun depan. Sementara sisanya 38 smelter akan rampung pada 2016 mendatang. "Keseluruhan yang di produksi akan diekspor ke Yong-Xing Alloy, China, dan akan diolah kembali menjadi produk feronikel," ujarnya.

Menurutnya, kebutuhan bahan baku bijih nikel dibutuhkan sebanyak 6-8 juta ton per tahun dengan hasil berupa produk NPI berkadar Ni 8 persen sebanyak 600 ribu ton per tahun.

Sementara, lanjut dia, untuk pasokan bahan baku sebagian besar akan diperoleh dari anak usahanya PT Stargate Pasific Resources sebagai pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) bijih nikel.

"Stargate akan mampu menyuplai pasokan bijih nikel sebanyak 4 juta ton per tahun, sedangkan sisanya akan diperoleh dengan kerja sama dengan IUP di daerah setempat," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5746 seconds (0.1#10.140)