Harga minyak di Asia turun

Kamis, 20 Juni 2013 - 11:00 WIB
Harga minyak di Asia turun
Harga minyak di Asia turun
A A A
Sindonews.com - Harga minyak di perdagangan Asia tergelincir, setelah Ketua Federal Reserve (Fed) Ben Bernanke mengisyaratkan bank sentral AS akan meredakan program stimulus pada akhir tahun ini.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Juli, turun 81 sen menjadi USD97,43 per barel. Sementara minyak mentah Brent North Sea untuk Agustus, turun 87 sen menjadi USD105,25 per barel.

Menjelang pertemuan komite kebijakan Fed, pasar telah berspekulasi tentang kapan program pembelian obligasi USD85 miliar bulanan. Sementara Fed memutuskan untuk mempertahankan program yang ada saat ini.

Bernanke menyebutkan, akan tepat memoderasi pembelian laju bulanan akhir tahun ini. Menurutnya, program tersebut bisa berakhir sepenuhnya pada pertengahan 2014.

"Komentar Bernanke telah menyebabkan segala sesuatu dari ekuitas komoditas pagi ini kembali sedikit menarik," kata Kelly Teoh, ahli strategi pasar IG Markets, Singapura, seperti dilansir dari The News, Kamis (20/6/2013).

"Ada juga konsensus umum bahwa pertumbuhan global melambat, dan itu ikut membebani harga," tambahnya.

Kemiringan harga minyak menghapus keuntungan pekan lalu, yang dipicu kekhawatiran perang saudara di Suriah bisa meningkat dan mendorong konflik meluas di wilayah kaya Timur Tengah.

"Kekhawatiran tentang Suriah masih ada, tetapi pada saat orang menjual mereka memilih memegang uang," kata Teoh.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2917 seconds (0.1#10.140)