China-Uni Eropa mulai lakukan negosiasi

Jum'at, 21 Juni 2013 - 11:53 WIB
China-Uni Eropa mulai lakukan negosiasi
China-Uni Eropa mulai lakukan negosiasi
A A A
Sindonews.com - Uni Eropa (UE) mengemukakan, pihaknya telah memulai pembicaraan tingkat menteri dengan China, yang akan membahas masalah atas panel surya dan produk lainnya.

William Fingleton, juru bicara Uni Eropa mengatakan, Menteri Perdagangan China Gao Hucheng dan Komisioner Perdagangan Uni Eropa Karel De Gucht hadir dalam pertemuan ekonomi dan komisi perdagangan bersama.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Perdagangan China, Shen Danyang menyatakan, pembicaraan akan serius meninjau apa yang terjadi sejak setahun lalu dalam hubungan perdagangan bilateral dan mempelajari bagaimana menyelesaikan masalah, termasuk sengketa fotovoltaik (panel surya) perdagangan.

Juru bicara perdagangan Uni Eropa, John Clancy menyebutkan, isu panel surya tidak akan menjadi agenda resmi pertemuan tersebut, tetapi De Gucht dan Gao diperkirakan akan membahas hal tersebut di sela-sela pembicaraan.

"Diskusi teknis tingkat rahasia dengan China telah dimulai di Brussels pekan ini dalam upaya menemukan penyelesaian yang dinegosiasikan," kata Clancy, seperti dilansir dari EU Business, Jumat (21/6/2013).

"Sangat penting untuk menggarisbawahi, bahwa ambisi Uni Eropa tetap menemukan solusi damai sesegera mungkin," tandasnya.

Komisi Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, bulan ini mulai memberlakukan tarif rata-rata impor panel surya dari China sebesar 11,8 persen - naik menjadi 47,6 persen pada 6 Agustus, jika tidak ada negosiasi berdasarkan pada komitmen China untuk mengatasi masalah tersebut.

Tarif berlaku sementara selama enam bulan, di mana negara-negara anggota Uni Eropa akan memilih suara pada Desember mendatang, apakah akan dibuat permanen atau tidak.

Selain sel surya, Brussels dan Beijing juga terlibat dalam serangkaian perselisihan yang mencakup produk lain, mulai dari pipa baja hingga anggur, yang memicu kekhawatiran perang dagang.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9194 seconds (0.1#10.140)