MUFG Jepang beli bank Thailand USD4,1 M

Sabtu, 22 Juni 2013 - 17:21 WIB
MUFG Jepang beli bank Thailand USD4,1 M
MUFG Jepang beli bank Thailand USD4,1 M
A A A
Sindonews.com - Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) Jepang berencana membeli 51 persen saham Bank Thailand Ayudhya senilai 400 miliar yen (USD 4,1 miliar). Langkah ini diambil dalam upaya mengembangkan usaha di Asia Tenggara.

Menurut harian bisnis Nikkei, dengan kepemilikan bank umum terbesar kelima di Thailand itu (menjadi anak perusahaan), MUFG bertujuan akan menawarkan berbagai jasa keuangan untuk konsumen dan bisnis di Thailand.

Dilansir dari AFP, Sabtu (22/6/2013), ini akan menandai pertama kalinya sebuah bank Jepang mengambil kontrol langsung dari sebuah bank besar di Asia.

Pertaman, MUFG pertama akan membeli seluruh saham GE Capital 25 persen di bank Thailand itu, kata seseorang yang dekat dengan diskusi kepada Dow Jones.

Kemudian, mereka akan memulai tender off untuk sisa saham, tetapi berusaha menjaga pemegang saham besar lainnya, keluarga Thailand Ratanarak yang memegang 22 persen, sebagai mitra.

Kelompok keuangan Jepang itu dapat menandatangani perjanjian resmi pada awal bulan depan. Di mana Bank of Ayudhya memiliki kapitalisasi pasar sekitar USD6,1 miliaar.

Dalam skenario pembelian premi atas harga saham yang ditawarkan, MUFG berdiri untuk membayar 400 miliar yen atau lebih, menjadikan ini sebagai akuisisi terbesar dalam catatan di Asia oleh bank Jepang.

Bahkan, dalam skala internasional kesepakatan itu adalah salah satu yang terbesar oleh bank Jepang sejak MUFG mengumumkan investasinya di Morgan Stanley, senilai 900 miliar yen pada 2008.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9221 seconds (0.1#10.140)