Mei, tingkat isian penumpang SIA turun

Kamis, 27 Juni 2013 - 18:55 WIB
Mei, tingkat isian penumpang SIA turun
Mei, tingkat isian penumpang SIA turun
A A A
Sindonews.com - Singapore Airlines (SIA) mencatat penurunan tingkat keterisian penumpang (load factor) sebesar 1,2 poin menjadi 74,6 persen pada Mei 2013 dibandingkan Mei 2012.

Singapore Airlines Public Relations Department, Glory Henriette mengatakan, tingkat isian penumpang menurun di seluruh kawasan. Sementara, kawasan Eropa dan Pasifik Barat Daya tercatat sebagai kawasan dengan penurunan paling tinggi, dimana pertumbuhan permintaan tidak sesuai dengan peningkatan kapasitas.

"Lingkungan operasi diperkirakan akan tetap menghadapi tantangan. Pendapatan per penumpang diperkirakan akan tetap tertekan akibat adanya upaya-upaya untuk merangsang peningkatan isian penumpang di lingkungan operasi saat ini," kata dia dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Turunnya tingkat keterisian penumpang pada Mei 2013, disebabkan sistem angkutan penumpang Singapore Airlines (diukur dalam kilometer pendapatan penumpang) mencatat pertumbuhan year on year sebesar 1,3 persen sedangkan kapasitas (diukur dalam kilometer kursi yang tersedia) tumbuh sebesar 3,1 persen. Jumlah penumpang yang diangkut naik sebesar 1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara, jumlah penumpang yang diangkut SilkAir mengalami peningkatan year on year sebesar 5,9 persen dibandingkan dengan pertumbuhan kapasitas sebesar 17,2 persen. Sebab itu, keterisian penumpang mengalami penurunan sebesar 7 poin menjadi 66,2 persen.

"Meskipun terjadi pertumbuhan pada jumlah penumpang yang diangkut, tingkat isian penumpang menurun sebagai akibat dari peningkatan lalu lintas yang tidak sebanding dengan tingkat ekspansi kapasitas," tandasnya.

Lalu lintas kargo secara keseluruhan (diukur dalam angkutan ton kilometer) menurun sebesar 5,1 persen secara year on year. Sementara kapasitas kargo mengalami penurunan sebesar 3,8 persen. Karena itu, persentase tingkat isian kargo mengalami penurunan sebesar 0,8 poin persen.

Lalu lintas pada umumnya mengalami pelemahan dan tidak sesuai dengan perubahan kapasitas yang terdapat di beberapa daerah rute. Kecuali untuk Eropa yang mana lalu lintasnya berada sedikit lebih banyak daripada perubahan kapasitas dan Barat Daya Pasifik yang memiliki kesamaan antara kapasitas dengan lalu lintas.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9116 seconds (0.1#10.140)