Gandeng Garuda, Muamalat tingkatkan customer base

Senin, 01 Juli 2013 - 16:38 WIB
Gandeng Garuda, Muamalat tingkatkan customer base
Gandeng Garuda, Muamalat tingkatkan customer base
A A A
Sindonews.com - Direktur Ritel Bank Muamalat Adrian Gunadi mengatakan, sebagai maskapai utama yang memfasilitasi ibadah Haji dan Umrah, Garuda Indonesia merupakan mitra strategis dalam mengembangkan layanan sekaligus meningkatkan customer base Bank Muamalat.

"Perjanjian kerja sama antara Garuda Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia berlaku selama satu tahun, terhitung sejak dilakukan penandatangan perjanjian kerja sama tersebut pada 1 Juli 2013," ujarnya, Senin (1/7/2013).

Untuk mengakses fasilitas pembiayaan ini, PPIU dapat mengajukan permohonan pembiayaan atas sejumlah seat penerbangan dengan status confirmed dari Garuda Indonesia kepada Bank Muamalat yang dilengkapi dengan kode khusus. Apabila dokumen yang dipersyaratkan lengkap maka proses pencairan pembiayaan hanya memerlukan waktu 7 hari kerja.

Bank Muamalat juga memberikan jaminan pembiayaan yang fleksibel bagi PPIU yaitu hanya berupa receipt dan deposit form yang diterbitkan oleh Garuda Indonesia sebagai bukti pembayaran Deposit. Fasilitas ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi travel agent dalam mengatasi permasalahan likuiditas yang kerap terjadi dalam menyelenggarakan ibadah Haji dan Umroh.

Untuk memanfaatkan fasilitas pembiayaan ini PPIU wajib terdaftar sebagai anggota Asosiasi penyelenggara Umrah dan haji seperti HIMPUH, AMPHURI serta ASPHURINDO.

Selain menyalurkan pembiayaan bagi deposit seat pesawat, Bank Muamalat juga menerbitkan Bank Garansi bagi perpanjangan izin operasional travel agent kepada PPIU. Kerjasama ini juga akan dikembangkan ke arah pembiayaan lainnya seperti Bank Garansi bagi pemesanan kamar hotel di Saudi Arabia, serta fasilitas lainnya.

Produk pembiayaan ini melengkapi beberapa produk unggulan lain yang juga ditawarkan Bank Muamalat terkait aktivitas haji dan umrah. Selain Tabungan Haji Arafah yang telah banyak dikenal, Bank Muamalat kini juga menawarkan Tabungan Umrah dan Pembiayaan Umrah.

Kedua institusi juga telah mengimplementasikan kerjasama ticketing sehingga nasabah dapat menjalankan pembelian tiket Garuda Indonesia menggunakan rekening Bank Muamalat. Teknisnya, nasabah Bank Muamalat dapat memesan tiket melalui call center Garuda Indonesia sehingga mendapatkan kode pembayaran.

Selanjutnya transaksi pembayaran dilakukan melalui salah satu dari 1001 ATM Muamalat yang tersebar di seluruh Indonesia. “Ke depan, pembayaran akan dikembangkan menggunakan e-channel yang lain seperti mobile banking dan internet banking Bank Muamalat’, imbuh Adrian.

Saat ini, Garuda Indonesia memiliki 13 penerbangan tiap minggunya untuk rute penerbangan Jakarta–Jeddah. Melalui penerbangan Jakarta–Jedah, pada tahun 2013 ini, Garuda Indonesia akan memperkenalkan layanan “First Class” dengan menggunakan armada Boeing 777-300ER.

Selain itu, sejalan dengan keberhasilan dalam melaksanakan program transformasi perusahaan, “Quantum Leap 2011–2015”, Garuda Indonesia kembali mendapatkan penghargaan internasional, dengan meraih predikat “World’s Best Economy Class 2013” dan "The World’s Best Economy Class Seats" dari Skytrax-lembaga pemeringkat penerbangan“ dunia independen yang berkedudukan di London.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8624 seconds (0.1#10.140)