China resmi selidiki produk anggur Uni Eropa

Senin, 01 Juli 2013 - 18:59 WIB
China resmi selidiki produk anggur Uni Eropa
China resmi selidiki produk anggur Uni Eropa
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perdagangan China mengatakan, pihaknya secara resmi telah meluncurkan investigasi anti-dumping dan anti-subsidi terhadap produk anggur yang diimpor dari Uni Eropa. Hal tersebut sebagai langkah baru dari serangkaian sengketa perdagangan.

Dilansir dari AFP, Senin (1/7/2013), melalui situsnya Kementerian Perdagangan mengungkapkan, penelitian masalah mencakup penyelidikan subsidi anggur dari Uni Eropa dan dampaknya terhadap industri anggur di China.

Penyelidikan dilakukan dalam satu tahun terakhir, tapi dapat diperpanjang enam bulan, tepatya sejak 5 Juni lalu.

Sebelumnya, Komisi Eropa telah memberlakukan tarif rata-rata impor panel surya dari China sebesar 11,8 persen. Pungutan akan meningkat menjadi lebih dari 47 persen pada Agustus jika tidak ada resolusi.

Sementara China telah mengambil pajak anti-dumping hingga 36,9 persen pada bahan kimia yang diimpor dari Eropa. Hal ini memicu kekhawatiran sengketa perdagangan antara kedua belah pihak akan meningkat.

Bea Cukai China mencatat, total perdagangan dengan Uni Eropa turun 3,7 persen year-on-year (yoy) pada 2012. Di mana impor China dari Eropa naik 0,4 persen menjadi USD212 miliar, sedangkan ekspor turun 6,2 persen menjadi USD334 miliar.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5405 seconds (0.1#10.140)