Bank Dunia apresiasi BI tingkatkan suku bunga

Selasa, 02 Juli 2013 - 12:42 WIB
Bank Dunia apresiasi BI tingkatkan suku bunga
Bank Dunia apresiasi BI tingkatkan suku bunga
A A A
Sindonews.com - Bank Dunia menyatakan apresiasinya perihal langkah proaktif Bank Indonesia (BI) dalam meningkatkan suku bunga (BI Rate) sebagai penyesuaian kebijakan terhadap perubahan dinamika eksternal.

"Mereka memberikan apresiasi terhadap langkah Bank Indonesia yang mengambil langkah-langkah proaktif," ujar Wakil Menteri Keuangan, Mahendra Siregar pada acara Indonesia Economic Quarterly 2013 yang bertempat di Graha Sawala, Kementerian Perekonomian, Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Selain itu, Mahendra juga menuturkan bahwa untuk mengurangi dampak intervensi dari negara lain, maka Indonesia harus menciptakan fundamental yang kuat, melakukan langkah-langkah proaktif, dan adanya sinergi antara pemerintah dengan regulator keuangan lain.

"Kelemahan global harus kita waspadai. Jaga momentum kondisi dalam negeri tetap tinggi. Kepastian dan stabilitas sangat mahal, ini yang dicari," imbuhnya.

Mahendra juga berharap pengeluaran APBN tidak jauh dari target yang ada. Bank Dunia memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi tahun 2013 akan mencapai 5,9 persen, di mana sebelumnya 6,2 persen untuk tahun ini. Hal ini disebabkan oleh perlambatan investasi, pelemahan ekonomi dunia yang berdampak pada ekspor Indonesia, serta perlemahan harga-harga komoditas dunia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4405 seconds (0.1#10.140)