Kehadiran KEK Sei Mangkei untungkan masyarakat Simalungun

Rabu, 03 Juli 2013 - 20:21 WIB
Kehadiran KEK Sei Mangkei untungkan masyarakat Simalungun
Kehadiran KEK Sei Mangkei untungkan masyarakat Simalungun
A A A
Sindonews.com - Kehadiran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei diyakini akan memberikan keuntungan terutama bagi masyarakat Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Pasalnya, dengan adanya hilirisasi industri maka akan ada peeningkatan nilai tambah dari barang mentah yang meningkatkan ekonomi Kabupaten Simalungun secara keseluruhan.

"Kehadiran KEK utamanya akan memfokuskan hilirisasi industri yang memberikan nilai tambah. Dengan adanya industri bahan mentah diolah dalam negeri tentunya akan meningkatkan ekonomi Simalungun," ujar Menko Perekonomian Hatta Rajasa di KEK Sei Mangkei, Rabu (3/7/2013).

Hatta mencontohkan, investasi yang dilakukan PT Unilever Oleochemical Indonesia yang akan menyerap total 4.000 pekerja.

"Belum lagi perusahaan lokal pemasok seperti pemasok makanan, Usaha Kecil Menengah (UKM). Jadi ada value added dan berikan multiplier effect yang besar hingga tingkatkan pendapatan masyarakat," tambah Hatta.

Selain itu, kehadiran KEK Sei Mangkei ini akan memberikan keuntungan kepada petani berupa jaminan pasokan karena hilirisasi industri dari barang mentah terjadi di daerah mereka.

"Apalagi petani akan dapat jaminan pasokan karena hilirisasi akan terjadi di depan mata mereka. Oleh karena itu ini akan perkuat rantai ekonomi," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7267 seconds (0.1#10.140)