Harga komoditas meroket, Suswono salahkan kenaikan BBM

Kamis, 04 Juli 2013 - 10:59 WIB
Harga komoditas meroket,...
Harga komoditas meroket, Suswono salahkan kenaikan BBM
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertanian (Mentan), Suswono menegaskan, jika kenaikan sejumlah komoditas bukan karena kebutuhan melonjak menjelang bulan suci Ramadhan. Namun karena kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Kalaupun ada kenaikan harga (komoditi) itu karena kenaikan harga BBM. Khususnya daging ayam," kata Suswono di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Menurutnya, jika ada beberapa komoditi yang jumlah kebutuhannya melonjak, Mentan memastikan persedian selama Ramadan hingga Lebaran terbilang aman. Hal itu dipastikan setelah mendapat hasil rapat pimpinan ketahanan pangan.

"Dari data baik laporan dalam rapat Menko atau rapat pimpinan ketahanan pangan, komoditas kebutuhan Ramadan aman," kata Suswono.

"Memang ada beberapa komoditas yang perlu ditambah pasokannya. Yang jelas Ramadan dan Lebaran tidak terlalu mengkhawatirkan," imbuh dia.

Untuk mengantisipasi pedagang nakal, menteri asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini akan turun langsung untuk mengecek ketersediaan dan harga sejumlah komoditi.

"Kami ingin tahu persis apa yang terjadi di lapangan. Daging ayam kok bisa naik? Ini kan harusnya enggak. Nanti kita akan lihat dari rantai pasokan, siapa yang memainkan. Nanti akan keliatan," jelasnya.

Suswono mengatakan, harga komditi dari petani masih cukup murah dan dalam bisnis pun ada etikanya. Karena itu, dia mengaku akan mendengar terlebih dahulu dari para pelaku usaha di lapangan.

"Nanti mencarikan solusi tepat, jangan sampai digunakan untuk mencari keuntungan contohnya bawang putih kemarin itu, masa bisa naik, itu kan mencurigakan," pungkas Mentan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1552 seconds (0.1#10.140)