Genjot industri mebel, AMKRI gelar IFEX 2014

Jum'at, 05 Juli 2013 - 13:32 WIB
Genjot industri mebel, AMKRI gelar IFEX 2014
Genjot industri mebel, AMKRI gelar IFEX 2014
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Mebel Kayu dan Rotan Indonesia (AMKRI) akan mengadakan Indonesia International Furniture Expo (IFEX) yang akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu JIExpo dan Jakarta Convention Center (JCC).

Ketua Umum AMKRI, Soenoto mengatakan, pameran di JIExpo yang rencananya dilaksanakan pada 11-14 Maret 2014, akan menyuguhkan, berbagai pilihan mebel kayu, rotan dan mebel berbahan bambu untuk ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, ruang keluarga, serta mebel anak-anak.

Sementara, pameran yang akan dilaksanakan di JCC pada 12-15 Maret 2014, akan menampilkan mebel dapur, kerajinan, mebel dari panel dan interior rumah. Menurutnya, sebagai negara besar, Indonesia seharusnya menjadi leader industri mebel dan kerajinan di kawasan ASEAN.

"Dengan ketersediaan bahan baku melimpah, SDM dalam jumlah besar, dan semakin kondusifnya iklim investasi, target pertumbuhan ekspor produk mebel dan kerajinan nasional sebesar USD5 miliar selama lima tahun, mestinya tercapai," ujar dia di gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Dia meyakini, apabila sektor ini tetap mendapatkan perhatian pemerintah, industri ini akan tumbuh sehat dan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, serta menjadi penyumbang devisa.

"Kami optimis dalam lima tahun ke depan, nilai ekspor industri ini bisa menjadi barometer di kawasan ASEAN," kata Soenoto.

Indonesia, kata dia, memiliki lebih dari 6.000 persahaan mebel menengah dan kecil. Bahkan penjualan domestik mebel dan perabotan rumah tangga diperkirakan mencapai lebih dari USD700 juta per tahun. "Sedangkan ekspor mebel mencapai USD2,2 miliar pada 2011," ujarnya.

Soenoto menuturkan, dengan didukung kebijakan pemerintah, pasokan bahan baku, keahlian produsen, pasar domestik yang berkembang, dan fasilitas ekspor-impor terpadu, Indonesia punya semua elemen sebagai pusat industri mebel dan kerajinan strategis.

"Hal ini membuat IFEX sebagai pameran yang tidak mungkin dilewatkan oleh para pembeli dan pemerhati mebel dalam rangkaian pameran mebel di ASEAN," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5065 seconds (0.1#10.140)