Ramadan, peternak ayam bisa untung Rp3.000/ekor

Jum'at, 05 Juli 2013 - 17:43 WIB
Ramadan, peternak ayam bisa untung Rp3.000/ekor
Ramadan, peternak ayam bisa untung Rp3.000/ekor
A A A
Sindonews.com - Bulan Ramadan menjadi bulan berkah bagi peternak ayam. Di bulan Ramadan, peternak bisa meraup untung hingga Rp3.000 per ekor atau mencapai Rp12 juta untuk setiap 4.000 ekor.

Peternak ayam di Bogor, Jawa Barat, Agus Suwarna mengaku bila di bulan-bulan sebelumnya hanya bisa memperoleh untung yang tidak terlalu besar.

"Kalau bukan bulan Ramadan, untungnya tipis. Malah bulan April-Mei kemarin kita sempat rugi Rp7.000 per ekor. Jadi, bulan Ramadhan ini memang momentum buat kita (peternak ayam)," ujar Agus kepada Sindonews di Bogor, Jumat (5/7/2013).

Agus mengaku, memang tidak ada harga khusus untuk ayam yang dibeli langsung dari peternak. Pasalnya, perubahan harga ayam di pasaran dapat berubah hanya dalam tempo satu hari.

"Modal kita itu untuk bibit dan pakan, rata-rata per ekor sekitar Rp17 ribu. Kita jual kemarin Rp20 ribu, kemarinnya lagi Rp18 ribu malah sebelumnya Rp17 ribu, jadi tidak tentu," tambah dia.

Diakuinya, harga ayam terendah biasanya terjadi sekitar satu pekan pasca perayaan Lebaran. Pasalnya, pada waktu tersebut, permintaan ayam langsung turun drastis.

"Habis Lebaran itu biasanya langsung terjun bebas. Hukum ekonomi saja, kalau permintaan banyak, stok terbatas harga naik. Kalau stok banyak permintaan turun ya harga turun," pungkasnya.

Harga tersebut, lanjut dia adalah harga kandang (istilah untuk ayam yang dibeli langsung dari peternak). Bila sudah sampai ke pasar, harga per kilogram (kg) gram ayam bisa mencapai Rp35-Rp40 ribu.

"Karena kalau sudah di pasar itu kan sudah dipotong dan dibersihkan bulu dan isi perutnya," tutup dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2937 seconds (0.1#10.140)