Angka pengangguran di AS stabil 7,6%

Jum'at, 05 Juli 2013 - 20:31 WIB
Angka pengangguran di AS stabil 7,6%
Angka pengangguran di AS stabil 7,6%
A A A
Sindonews.com - Pertumbuhan pekerjaan di Amerika Serikat (AS) pada Juni 2013, meningkat lebih dari perkiraan. Hal ini memungkinkan Federal Reserve (Fed) lebih dekat melaksanakan rencana memulai kembali skala stimulus moneter besar-besaran pada akhir tahun ini.

Dilansir dari Reuters, Jumat (5/7/2013), Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pengusaha menambah 195.000 pekerjaan baru untuk nonfarm payrolls pada Juni. Sementara tingkat pengangguran bertahan stabil sebesar 7,6 persen karena lebih banyak orang memasuki angkatan kerja.

Pemerintah merevisi payrolls untuk April dan Mei menunjukkan 70.000 lebih banyak pekerjaan yang diciptakan dari yang dilaporkan sebelumnya.

Ekonom yang disurvei Reuters memperkirakan pekerjaan meningkat 165.000 pada bulan lalu dan tingkat pengangguran turun sepersepuluh persentase poin menjadi 7,5 persen.

Laporan kerja diawasi ketat, setelah Ketua Fed Ben Bernanke optimis pada prospek ekonomi, dengan mengatakan bank sentral diperkirakan akan mulai memangkas pembelian obligasi akhir tahun ini.

Laporan kerja juga menunjukkan pendapatan per jam mingguan naik ke angka terbesar sejak November. Hal itu dikombinasikan dengan data yang relatif optimis pada perumahan, penjualan mobil dan manufaktur, membuat Fed lebih mungkin melanjutkan rencana pada September.

Fed membeli obligasi USD85 miliar setiap bulan dalam upaya menjaga biaya pinjaman dan memacu pertumbuhan yang lebih kuat. Di mana sebanyak 28 dari 60 ekonom yang disurvei Reuters pada akhir Juni mengharapkan Fed memulai panggilan kembali pembelian obligasi pada September, dengan sebagian besar mengharapkan program akan berakhir pada Juni 2014.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5307 seconds (0.1#10.140)