Kendalikan harga komoditi, TPID Padang sidak pasar

Rabu, 10 Juli 2013 - 14:25 WIB
Kendalikan harga komoditi, TPID Padang sidak pasar
Kendalikan harga komoditi, TPID Padang sidak pasar
A A A
Sindonews.com - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang, Sumater Barat, melakukan inspesksi mendadak ke Pasar Raya Padang pasca naiknya harga komoditi semenjak menjelang bulan suci Ramadan. Dari hasil sidak tersebut, Dinas Peternakan akan menambah pasokan daging karena tingginya permintaan, sehingga bisa menstabilkan harga.

Inspeksi mendadak ini dilakukan oleh TPID, yang terdiri dari Dinas Peternakan, Bank Indonesia (BI) dan Dinas Pasar. Di dua titik di kawasan Kota Padang, yakni di Pasar Raya Padang dan Pasar Alai.

Memasuki awal puasa, sejumlah kebutuhan pokok mulai merangkak naik, mulai dari harga minyak goreng yang naik dari Rp9 ribu naik menjadi Rp10 ribu, bawang merah naik menjadi Rp50 ribu dari Rp40 ribu per kilonya, telur naik menjadi Rp2 ribu per butirnya. Sementara daging sapi naik hingga menjadi Rp95 ribu, ayam potong naik menjadi Rp45 ribu per kilonya.

Pemerintah Kota Padang dan Provinsi melalui Deperindag dan Bidang Perekonomian juga akan melakukan penambahan pasokan terutama untuk ayam potong dan daging sapi, karena sangat tingginya permintaan.

"Dari hasil monitoring, harga cabe, bawang merah, telur, daging dan ayam potong memang mengalami kenaikan, karena tingginya permintaan," ujar Ketua TPID, Wardarusmen, Rabu (10/7/2013).

Sebagian besar pembeli, terpaksa mensiasati kenaikan ini dengan mengurangi pembelian dari satu kilo menjadi setengah kilo, dan hal ini sudah menjadi kebiasaan setiap masuknya bulan puasa.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6855 seconds (0.1#10.140)