Angkut motor pemudik, pemerintah siapkan Rp25 M

Kamis, 11 Juli 2013 - 09:22 WIB
Angkut motor pemudik, pemerintah siapkan Rp25 M
Angkut motor pemudik, pemerintah siapkan Rp25 M
A A A
Sindonews.com - Pemerintah akan menyiapkan transportasi pengangkut sepeda motor yang akan memudahkan dan meningkatkan keselamatan para pemudik pada hari raya Idul Fitri.

"Kalau sepeda motor ini bisa diangkut kendaraan besar, ini bisa mengurangi angka kecelakaan," ungkap Dirjen Perhubungan Darat, Suroyo Alimoeso di gedung Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/7/2013) malam.

Dia menyebut, anggaran yang sudah disiapkan pemerintah untuk transportasi pengangkut motor tersebut mencapai Rp25 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kita pakai APBN. Ini kan belum clear, nanti kalau sudah semua totalnya Rp25 miliar itu untuk transportasi laut, darat, dan kereta api kurang lebih segitu. Dan itu khusus untuk mengangkut sepeda motor," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengutarakan niat pemerintah tersebut didasari angka pertumbuhan jumlah kendaraan.

Mangindaan juga menyebut untuk tahap awal, sebanyak 30 ribu motor diangkut secara gratis ke tujuan masing-masing pemudik.

"Kita akan naikkan ke kapal, kereta api, serta truk. Jadi, pemudik tetap diutamakan. Walaupun masih ada kemacetan tetapi ada konsep manajemen kemacetan yang bisa diatasi," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6116 seconds (0.1#10.140)