September, BI siap terapkan pembatasan DP KPR

Kamis, 11 Juli 2013 - 17:55 WIB
September, BI siap terapkan pembatasan DP KPR
September, BI siap terapkan pembatasan DP KPR
A A A
Sindonews.com - Bank Indonesia (BI) akan menerapkan aturan loan to value ratio (LTV) untuk membatasi kredit sektor properti terkait Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) untuk tipe-tipe tertentu.

LTV merupakan pembiayaan bank di luar down payment (DP) dan merupakan bagian dari bauran kebijakan BI dalam menghadapi inflasi dan situasi makro ekonomi sekarang ini.

"Pemerintah dan BI sedang mewaspadai kredit sektor properti, kami berharap KPR junjung tinggi kehati-hatian agar sektor keuangan jangan sampai berisiko," kata Gubernur BI, Agus Martowardojo di gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Dia menyebutkan rasio LTV akan segera diperketat seperti KPR dan KPA tipe di atas 70. Maka LTV tahap pertamanya (rumah/apartemen pertama) sebesar 70 persen, untuk rumah kedua sebesar 60 persen, dan untuk rumah ketiga dan seterusnya sebesar 50 persen.

Untuk KPA tipe 22-70, LTV di rumah pertama sebesar 80 persen, kedua sebesar 70 persen, dan ketiga sebesar 60 persen. "Peraturan ini berlaku efektif per 1 September 2013. Akan ada sosialisasi dari dunia perbankan dan real estate juga," ujar Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Gubernur BI, Halim Alamsyah mengungkapkan hal tersebut untuk mengurangi terlalu banyaknya atau menumpuknya masyarakat yang menggunakan KPR.

"Ini untuk menghindari satu orang mempunyai terlalu banyak KPR, bahkan dari data kami 2013 ada 3.884 orang yang memiliki 3-9 KPR," ujar Halim.

Sementara, Deputi Gubernur BI yang lain, Perry Warjiyo menyebut penerapan LTV ini karena pertumbuhan KPR dan KPA yang terlampau tinggi sehingga membebani masyarakat.

"Pertimbangan penerapan LTV ini karena KPR dan KPA yang ada cenderung melambung tinggi akan membuat keterjangkauan masyarakat terhadap akses perumahan akan lebih sulit," pungkas Perry.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7833 seconds (0.1#10.140)