Stok ikan Kembung dan Bandeng dipastikan aman

Minggu, 14 Juli 2013 - 12:32 WIB
Stok ikan Kembung dan Bandeng dipastikan aman
Stok ikan Kembung dan Bandeng dipastikan aman
A A A
Sindonews.com - Tak hanya ayam potong dan daging sapi yang dijamin jumlah stoknya, namun ikan konsumsi juga dipastikan aman menjelang Lebaran hingga usai Lebaran.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan, terdapat dua ikan konsumsi yang menjadi kesukaan masyarakat, yakni bandeng dan kembung. Ikan tersebut juga kerap menjadi alternatif pilihan ketimbang ayam dan daging sapi.

"Sudah dicek di Kemenko Perekonomian, ikan kita masuk list pangan. Ada dua ikan, kembung dan bandeng dan stoknya aman," tegasnya kepada wartawan dalam Safari Ramadhan di Depok, Sabtu (13/7/2013) malam.

Sharif mengakui, kenaikan harga juga terjadi pada kedua ikan tersebut. Namun, tak seperti pada harga ayam dan daging sapi yang melonjak tinggi, kenaikan harga ikan tersebut hanya 1,2 persen.

"Ikan ini dianggap kenaikannya masih wajar, hanya 1,2 persen. Jadi, hanya Rp27 ribu per kilogram (kg) sekarang. Masih aman," paparnya.

Setiap tahun, kata Cicip, Indonesia mengekspor ikan 1,5 juta ton ke luar negeri. Karena itu, pihaknya mencanangkan industrialisasi kelautan agar harganya meningkat 3 kali lipat.

"Selama ini kan hanya menjual primer. Kita akan melakukan pengolahan, jadi menambah value added (nilai tambah), sehingga harganya naik 3 kali lipat," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7002 seconds (0.1#10.140)