alexametrics

Sambut Lebaran, KKP Salurkan Sedekah Ikan

loading...
Sambut Lebaran, KKP Salurkan Sedekah Ikan
Sedekah ikan menjadi gerakan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meringankan beban masyarakat di tengah pandemi corona. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Lebaran Ikan menjadi gerakan penutup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam upaya membangun solidaritas kemanusiaan dan membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi corona. Sebelumnya, KKP menggaungkan Gerakan Nasi Ikan dan Sedekah Ikan Ramadhan ke penjuru nusantara melalui Satuan Kerja Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL).

"Ditjen PRL terus bergerak membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini dengan gerakan Sedekah Ikan Ramadhan dan Lebaran Ikan," ungkap Dirjen PRL Aryo Hanggono seperti dikutip SINDOnews dari keterangan resmi KKP, Minggu (24/5/2020).

(Baca Juga: Sedekah Ikan Ramadhan, Cara KKP Perkuat Solidaritas Jelang Idul Fitri)



Penyaluran ikan itu menyambut Lebaran itu mulai serentak digelar mulai 22 Mei lalu. Di wilayah barat, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang menyalurkan Sedekah Ikan Ramadhan sebanyak 27 paket kebutuhan pokok. Bantuan itu disalurkan ke masyarakat di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. "Kami bagikan supaya saat Lebaran masyarakat bisa makan ikan,” ujar Kepala BPSPL Padang Mudatstsir.

Di wilayah lain, Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru menyalurkan Sedekah Ikan Ramadhan dan Lebaran Ikan hingga ke pelosok wilayah kawasan konservasi Anambas di Kota Tarempa, Kepulauan Riau. "Ini sebagai penyemarak hidangan lebaran," ungkap Kepala LKKPN Pekanbaru Fajar Kurniawan.

Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak juga ikut membagikan Sedekah Ikan Ramadhan hingga ke Desa Setapuk Besar, Kota Singkawang. Donasi itu diberikan kepada kelompok masyarakat penggerak konservasi (KOMPAK).

Sementara BPSPL Denpasar bekerja sama dengan Direktorat Jasa Kelautan menyalurkan Lebaran Ikan kepada Pokmaswas Yasa Segara Bengiat. Bantuan ini merupakan tahap pertama. Penyaluran bantuan tahap berikutnya diberikan bertepatan pada Hari Idul Fitri.

Bantuan juga berlangsung di Serang, Banten. Melalui Gerakan Nasi Ikan, Kepala Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang menyalurkan sekitar 1.200 paket ke masyarakat.

Berikutnya di Kupang, NTT, sebanyak 3.360 paket nasi ikan telah disalurkan Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang selama bulan Ramadhan. Paket sedekah ikan ini dibagikan di empat lokasi di Kota Kupang yaitu Rumah Quran Janda Muallaf, Mahasiswa Malafa, Rumah Quran, dan Pesantren Yatim Piatu.

Sementara itu, penyaluran paket sedekah ikan Ramadhan di Makassar diberikan dengan tambahan paket kitab suci Al Quran kepada masyarakat. Adapun di wilayah timur, penyaluran bantuan dari KKP diberikan kepada masyarakat di Sorong, Papua.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top