Besok, Kulonprogo distribusikan raskin ke-13

Selasa, 16 Juli 2013 - 16:02 WIB
Besok, Kulonprogo distribusikan raskin ke-13
Besok, Kulonprogo distribusikan raskin ke-13
A A A
Sindonews.com - Beras bagi warga miskin (raskin) ke-13 bagi warga miskin
di Kulonprogo akan mulai didistribusikan besok (18/7/2013) pagi di wilayah Kecamatan Girimulyo. Hal ini menyusul selesainya distribusi raskin regular untuk penyaluran pada Juli.

"Raskin regular Juli selesi kita distribusikan kemarin, dan akan dilanjutkan untuk raskin ke-13," kata Kabid Sosial Dinas Sosnakertrans, Arif Prastowo, pada rapat koordinasi dan evaluasi Distribusi Raskin ke-13 di aula DInsosnakertrans, Selasa (16/7/2013).

Menurutnya, raskin ke-13 sasaran dan jumlahnya sama dengan raskin regular. Di Kulonprogo terdapat 43.021 rumah tangga sasaran, dengan distribusi masing-masing 15 kilogram (kg). Setiap kg dibeli RTS dengan harga Rp1.600. "Adanya raskin ke-13 ini, maka pada Juli setiap RTS akan mendapatkan dua kali," ujarnya.

RTS, ujar dia, pada Agustus dan September ini juga akan menerima distribusi dua kali. Raskin ke-14 dan 15 ini, merupakan kompensasi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).

PLT Kepala Dinsosnakertrans Kulonprogo, Riyadi Sunarto mengatakan, data pendistribusian raskin pada September adalah warga yang memegang KPS (Kartu Perlindungan Sosial). Kartu ini juga bermanfaat untuk sumber data program Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

Di Kulonprogo, kata Riyadi, jumlah penerima KPS tidak mungkin ditambah. Karena itu, camat, kades untuk melakukan rembug desa terkait penyaluranBLSM. Sehingga mereka yang mendapatkan kartu dan tidak berhak bisa menyerahkan untuk dipakai dalam perubahan daftar penerima.

"Kondisi di lapangan ada warga penerima raskin tidak mendapatkan BLSM
begitu juga sebaliknya," jelas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1850 seconds (0.1#10.140)