Ini ruas jalan tol yang masih rusak

Minggu, 21 Juli 2013 - 15:38 WIB
Ini ruas jalan tol yang masih rusak
Ini ruas jalan tol yang masih rusak
A A A
Sindonews.com - Anggota Komisi V DPR RI mencatat sejumlah ruas jalan tol di Pulau Jawa yang saat ini masih mengalami perbaikan, untuk itu pihaknya mendesak operator untuk mempercepat penyelesaian perbaikan tersebut.

Anggota Komisi V DPR RI Yudi Widiana Adia mengungkapkan di Provinsi Banten, ruas jalan tol Tangerang-Merak, tepatnya di KM 57 arah Jakarta, masih dilakukan pengaspalan. Begitu juga di ruas Balaraja-Cikupa.

Sementara itu, kata dia, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang ambles di KM 47 sudah sebulan ini dalam perbaikan. PT Jasa Marga Tbk selaku pengelola tol tersebut pun saat ini tengah memperbaiki kerusakan jalan tersebut.

"Namun, berbagai protes dari masyarakat pengguna jalan bebas hambatan ini terus bergulir. Bagaimana tidak, perbaikan jalan itu membuat arus lalu lintas dari arah Bandung macet hingga 5 kilometer (km). Belum lagi pada akhir pekan," kata Yudi dalam rilisnya di Jakarta, Minggu (21/7/2013).

Sejumlah titik di ruas tol Purbaleunyi juga masih dalam melakukan perbaikan dan penguatan. Untuk jalan-jalan berlubang di sepanjang Cipularang ada beberapa titik yang ditambal dan diperbaiki, selain itu ada penguatan lereng di KM 92, sebab kondisi tanah yang labil.

Di jalur utama Pantura (Pantai Utara), mulai dari Cikampek-Cirebon, Jawa Barat masih banyak terdapat jalan rusak. Kerusakan parah terdapat dihampir 2 km sepanjang jalan di kawasan Pemanukan, Indramayu.

"Selain kondisi jalan berlubang juga banyak jalan yang bergelombang sehingga cukup membahayakan pengendara kendaraan bermotor. Beberapa titik kondisi jalan rusak sudah mulai terasa selepas pintu keluar tol Cikampek hingga memasuki kawasan Karawang," lanjut dia.

Memasuki kawasan Sukamandi, Subang baru tampak di beberapa titik jalan rusak yang sedang diperbaiki dengan betonisasi yang hanya satu jalur saja digunakan sehingga menimbulkan kemacetan.

"Pada perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, atau di sekitar Losari hingga Brebes, jalanan kembali terlihat rusak. Malahan, Brebes menjadi kota dengan jalanan rusak terparah di antara kota-kota yang dilewati sebelumnya," akunya.

Jalan yang bergelombang dan berlubang tampak hampir sepanjang pantura Brebes, hal ini kata Yudi membuat para pengguna jalan harus lebih berhati-hati karena kalau tidak waspada bisa terjadi kecelakaan.

Sementara itu, bagi para penguna jalan yang hendak ke Bandung, dari pertigaan Palimanan menuju Majalengka, kondisi jalan juga rusak, bahkan di beberapa titik kerusakan jalan cukup parah. Di sepanjang jalan ini tidak tampak aktivitas perbaikan jalan.

"Karena itu, kami minta kepada pengelola ruas tol yang beroperasi di Pulau Jawa untuk menyelesaikan perbaikan jalan sebelum H-7 Lebaran, untuk memperlancar arus mudik," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5680 seconds (0.1#10.140)