Bank sentral China suntik dana likuiditas USD2,8 M

Selasa, 30 Juli 2013 - 15:31 WIB
Bank sentral China suntik dana likuiditas USD2,8 M
Bank sentral China suntik dana likuiditas USD2,8 M
A A A
Sindonews.com - Bank sentral China (The People`s Bank of China/PBOC) mengumumkan telah menyuntikkan dana sebesar 17 miliar yuan (USD2,8 miliar) ke dalam sistem perbankan domestik, setelah menekan likuiditas yang mengguncang pasar keuangan bulan lalu.

PBOC menyuntikkan uang tunai ke pasar antar bank domestik dengan menawarkan perjanjian pembelian kembali selama tujuh hari. Merupakan langkah pertama bank sentral sejak Februari lalu.

Bank secara berkala melakukan operasi pasar terbuka, termasuk menawarkan tagihan dan perjanjian pembelian kembali, pada Selasa dan Kamis untuk menyesuaikan tingkat likuiditas di pasar antar bank.

Itu tidak dilakukan pada operasi pasar terbuka sejak akhir Juni, ketika likuiditas dikeringkan dari pasar dalam krisis yang mengirim biaya pinjaman bunga bank satu sama lain ke rekor tertinggi.

Peningkatan kekhawatiran muncul, bank akan mengetatkan kredit, yang bisa menghambat perekonomian domestik, dan menyebabkan gejolak di pasar keuangan China.

Analis melihat suntikan dana terbaru bank sentral menunjukkan keinginannya untuk meringankan kondisi likuiditas di sistem perbankan.

"Bank sentral memperhatikan kondisi likuiditas, menunjukkan sikap bahwa mereka mencoba untuk memperbaiki masalah likuiditas yang mungkin terjadi," kata analis Sinolink Securities, Tao Jinggang, seperti dilansir dari AFP, Selasa (30/7/2013).

Berita tersebut membantu meningkatkan sentimen pasar saham di daratan China, dengan Shanghai Composite Index naik 0,7 persen.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9806 seconds (0.1#10.140)