Uni Eropa-China selesaikan sengketa panel surya

Jum'at, 02 Agustus 2013 - 18:35 WIB
Uni Eropa-China selesaikan sengketa panel surya
Uni Eropa-China selesaikan sengketa panel surya
A A A
Sindonews.com - Komisi Eropa mengatakan memuji solusi damai atas sengketa impor panel surya China, langkah kunci dalam mengurangi kekhawatiran perang dagang. Mereka akan memasukkan kesepakatan tersebut dalam kekuatan hukum pada 6 Agustus mendatang.

Seorang juru bicara Komisi mengatakan, sekitar 28 negara blok Eropa yang menaungi lebih dari 500 juta orang - pasar terintegrasi yang paling menguntungkan di dunia - hampir seragam mendukung mendukung langkah tersebut. "Tidak ada negara anggota memilih melawan," ucapnya, seperti dilansir dari AFP, Jumat (2/8/2013).

Eksekutif Uni Eropa mengadopsi keputusan untuk menerima usaha yang ditawarkan produsen ekspor panel surya China, serta regulasi membebaskan perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dari pembayaran anti-dumping sementara.

Sebelumnya, Komisioner Perdagangan Uni Eropa, Karel De Gucht mengumumkan kesepakatan tersebut (Sabtu lalu), dengan mengungkapkan harapan kompromi bisa berfungsi sebagai template dalam serangkaian sengketa tit-for-tat pada produk lainnya, mulai dari pipa baja, peralatan telekomunikasi, anggur hingga bahan kimia.

De Gucht mengatakan, perjanjian akan berjalan sampai akhir 2015, adalah yang terbaik, meskipun importir memperingatkan mereka akan menderita harga yang lebih tinggi sebagai hasilnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7477 seconds (0.1#10.140)