Kemenhan dapat anggaran terbesar, ini tanggapan SBY

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 16:20 WIB
Kemenhan dapat anggaran terbesar, ini tanggapan SBY
Kemenhan dapat anggaran terbesar, ini tanggapan SBY
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menjadi Kementerian yang mendapatkan alokasi anggaran paling besar pada 2014 sebesar Rp83,4 triliun.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjelaskan anggaran tersebut akan digunakan untuk modernisasi alutsista dan sistem persenjataan sebagai percepatan pembangunan kekuatan dasar minimum (Minimum Essential Forces) dan mengembangkan industri pertahanan nasional.

"Dengan modernisasi dan pembangunan kekuatan pertahanan ini, TNI akan makin berkemampuan untuk menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI dari ancaman manapun," ujarnya di gedung MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2013).

Sementara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Pekerjaan Umum mendapatkan anggaran terbesar kedua dan ketiga terbesar pada 2014, yakni masing-masing sebesar Rp82,7 triliun dan Rp74,9 triliun.

"Alokasi anggaran pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama, kita arahkan untuk meningkatkan mutu, akses dan pemerataan pelayanan pendidikan," kata SBY.

Menurutnya, anggaran untuk Kementerian PU dan Perhubungan digunakan untuk membangun sejumlah proyek infrastruktur berskala besar. "Termasuk perluasan beberapa bandara dan pelabuhan, juga jalan tol dan ruas rel ganda," imbuhnya.

Ini tujuh kementerian dan lembaga dengan alokasi anggaran terbesar:

1. Kementerian Pertahanan sebesar Rp83,4 triliun.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp82,7 triliun.
3. Kementerian Pekerjaan Umum sebesar Rp74,9 triliun.
4. Kementerian Agama sebesar Rp49,6 triliun.
5. Kementerian Kesehatan sebesar Rp44,9 triliun.
6. Kepolisian Negara Republik Indonesia sebesar Rp41,5 triliun.
7. Kementerian Perhubungan sebesar Rp39,2 triliun.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5441 seconds (0.1#10.140)