Hatta imbau masyarakat kelas menengah tidak konsumtif

Sabtu, 17 Agustus 2013 - 11:31 WIB
Hatta imbau masyarakat kelas menengah tidak konsumtif
Hatta imbau masyarakat kelas menengah tidak konsumtif
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengimbau masyarakat kelas menengah yang jumlahnya mulai meningkat melakukan langkah produktif, seperti menanam bahan pangan ketimbang bersikap konsumtif. Ini dilakukan dalam upaya menjaga ketahanan pangan.

Menurutnya, sikap masyarakat yang terlalu konsumtif akan membuat impor pangan semakin membengkak dan berkontribusi pada defisit.

"Dengan semakin konsumtif, middle class kita yang tumbuh akan membuat impor semakin banyak," jelas Hatta di gedung Direktorat Jenderal Pajak, Jumat (16/8/2013) malam.

Selain itu, produksi hortikultura dalam negeri harus terus dimaksimalkkan dan dijaga secara berkesinambungan untuk menjaga pasokan dan harga.

"Kita bersyukur kelihatannya stok beras di gudang cukup. Saya sungguh berharap suplai pertanian mencukupi," ujarnya.

Mengenai besarnya impor bahan makanan terutama beras, Hatta berkilah bahwa hal tersebut untuk meningkatkan stok pangan dan mengantisipasi ancaman-ancaman, seperti bencana alam dan sebagainya.

"Dulu kan 1 juta ton beras cukup. Sekarang kita naikan 2 juta. Stok tidak boleh kurang karena selalu ada berbagai ancaman. Apakah itu gempa bumi dan lainnya," pungkas Hatta.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9302 seconds (0.1#10.140)