Hatta berharap Diaspora dan pemerintah bersinergi

Selasa, 20 Agustus 2013 - 20:46 WIB
Hatta berharap Diaspora dan pemerintah bersinergi
Hatta berharap Diaspora dan pemerintah bersinergi
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengajak para Diaspora Indonesia atau orang Indonesia yang ada di luar negeri untuk saling bersinergi.

Hatta merasa sinergi tersebut mutlak harus dilakukan mengingat kontribusi para Diaspora Indonesia sangat besar, bahkan total pengiriman uang ke Indonesia dari luar negeri dalam setahun kemarin mencapai USD7 miliar atau Rp70 triliun.

"Saya berharap ketiga sinergi yaitu sinergi Diaspora, sinergi antar amsyarakat, dan sinergi dengan pemerintah, akan terus berjalan. Apalagi kontribusi Diaspora dalam remittance ke Indonesia sebesar USD7 miliar," papar Hatta di JCC, Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Hatta juga berharap sinergi tersebut dapat melahirkan Indonesia yang menjadi motor penggerak ekonomi ASEAN ke depannya.

"Oleh sebab itu disinilah jejaring dan sinergi kita digunakan, karena ekonomi global terus bergerak cepat seperti ini walaupun pertumbuhan kita kedua tercepat setelah Cina," lanjut Hatta.

Apalagi, lanjut dia, ke depannya pertumbuhan ekonomi semakin tergantung pada teknologi. Sehingga inovasi wajib dimiliki setiap bangsa.

"Jadi apakah kita akan menjadi basis produksi ataukah basis konsumsi negara lain. Maka kita harus kerja keras, integrasi dengan Diaspora ini tunjukkan satu kesatuan kita," pungkas Hatta.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6976 seconds (0.1#10.140)