Aktivitas manufaktur China rebound

Kamis, 22 Agustus 2013 - 11:42 WIB
Aktivitas manufaktur China rebound
Aktivitas manufaktur China rebound
A A A
Sindonews.com - Raksasa perbankan HSBC melaporkan pembacaan awal manufaktur China berbalik positif untuk pertama kalinya dalam empat bulan pada Agustus. Hal ini sebagai tanda kekuatan baru perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut.

Kelompok perbankan asal Inggris itu mencatat indeks manajer pembelian (PMI) datang di angka 50,1 poin pada Agutus, naik dari Juli di level 47,7 poin, yang merupakan angka terendah dalam 11 bulan.

PMI, trek aktivitas pabrik-pabrik di China dan lokakarya, merupakan indikator yang diawasi ketat sebagai tanda kesehatan ekonomi. Angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi, sedangkan di atas sinyal ekspansi.

"Hasilnya adalah yang tertinggi dalam empat bulan, dan memberikan sinyal ekonomi China stabil," kata HSBC, seperti dilansir dari AFP, Kamis (22/8/2013).

Sementara hasil resmi yang diumumkan Biro Statistik Nasional China awal Agustus lalu untuk data Juli, menunjukkan, bahwa PMI resmi China naik menjadi 50,3 poin, dari 50,1 poin pada Juni. China diperkirakan akan mengumumkan PMI resmi Agustus pada 1 September mendatang.

"Pertumbuhan manufaktur China telah mulai stabil di belakang perbaikan sederhana bisnis baru dan output," kata Qu Hongbin, kepala ekonom HSBC untuk China berbasis di Hong Kong.

Zhang Zhiwei, ekonom dari Nomura International menyebutkan, hasil positif PMI dari HSBC didorong permintaan domestik dan kekuatan baru yang tercermin dari indikator lainnya.

HSBC mengatakan, akan mengumumkan hasil akhir PMI pada 2 September nanti.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7362 seconds (0.1#10.140)