NBS: Ekonomi China menuju stabilitas

Senin, 26 Agustus 2013 - 11:55 WIB
NBS: Ekonomi China menuju stabilitas
NBS: Ekonomi China menuju stabilitas
A A A
Sindonews.com - Ekonomi China menunjukkan tanda-tanda stabilisasi, dibantu dukungan kebijakan dan beberapa perbaikan permintaan global.

Biro Statistik Nasional (NBS) menyebutkan, ekonomi China berada di trek untuk memenuhi target pertumbuhan pemerintah tahun ini sebesar 7,5 persen. Menurutnya, masalah utang pemerintah daerah juga tetap berada di bawah kontrol pemerintah.

"Kami yakin di babak kedua dapat mempertahankan momentum positif dan percaya dapat memenuhi target pertumbuhan ekonomi," kata Sheng Laiyun, juru bicara NBS, dalam konferensi yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri China dalam upaya menenangkan keprihatinan global atas perlambatan di negara tersebut, dilansir dari Economic Times, Senin (26/8/2013).

"Perekonomian menunjukkan beberapa perubahan positif, dan tanda-tanda stabilisasi pertumbuhan menjadi lebih jelas," tegasnya.

Sebuah survei pabrik swasta, pekan lalu, memperkuat tanda-tanda stabilisasi perekonomian pada kuartal ketiga setelah pemerintah mengambil langkah-langkah pendukung, termasuk pemotongan pajak untuk perusahaan kecil serta mempercepat investasi pada infrastruktur perkotaan dan kereta api.

Hal itu diikuti data positif pada Juli yang melihat produksi pabrik tumbuh di laju tercepat sejak awal tahun ini, dan data perdagangan cukup kuat.

Pertumbuhan tahunan ekonomi China melambat menjadi 7,5 persen pada kuartal kedua, turun dari 7,7 persen pada tiga bulan yang berakhir 31 Maret, sebagai perlambatan kesembilan dalam 10 kuartal terakhir.

Beijing mentolerir pertumbuhan lambat di tengah upaya mendorong reformasi ekonomi yang dirancang untuk mengurangi polusi, kesenjangan sosial dan model pertumbuhan ekonomi, yang memiliki ketergantungan berlebihan pada utang, biaya konstruksi dan ekspor.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7707 seconds (0.1#10.140)