Ekonomi kelautan dan perikanan RI tumbuh 7%

Selasa, 27 Agustus 2013 - 13:53 WIB
Ekonomi kelautan dan perikanan RI tumbuh 7%
Ekonomi kelautan dan perikanan RI tumbuh 7%
A A A
Sindonews.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C Sutardjo mengatakan, data Badan Pusat Statistik (BPS) telah mencatat pertumbuhan ekonomi sektor kelautan dan perikanan pada triwulan II/2013 tumbuh 7 persen.

Menurutnya, data BPS ini menunjukkan ekonomi sektor kelautan dan perikanan berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh 5,81 persen.

"Signal positif ini mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bertekad terus mendorong pertumbuhan ekonomi sektor perikanan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata dia dalam rilisnya, Selasa (27/8/2013).

Dia menjelaskan pertumbuhan ekonomi KP tidak terlepas dari produksi perikanan budidaya yang terus mengalami peningkatan signifikan. Bahkan data Organisasi Dunia FAO, sejak 2011 untuk pertama kalinya produksi perikanan budidaya dunia, melampaui produksi daging sapi.

Pada 2012, produksi perikanan budidaya dunia telah mencapai 66 juta ton, melebihi produksi daging sapi yang hanya 63 juta ton. Hal ini membuktikan bahwa perikanan budidaya semakin dapat diandalkan untuk mendukung ketahanan pangan.

"Sebagaimana kita maklumi, perikanan budidaya semakin diandalkan dalam pemenuhan kebutuhan ikan, baik dalam negeri maupun dunia. Sekalipun menghadapi anomali iklim atau cuaca, kegiatan usaha budidaya masih dapat dikembangkan melalui berbagai penerapan inovasi teknologi budidaya," terangnya.

Untuk mendukung peningkatan produksi, KKP juga telah menggulirkan program industrialisasi perikanan budidaya. Program ini dilandasi semangat blue economy, yang diarahkan dalam rangka meningkatkan efisiensi pemanfaatan sumberdaya perikanan budidaya dengan menghasilkan ragam produk dari pemanfaatan limbah sebagai hasil samping.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6192 seconds (0.1#10.140)