Chatib minta media tak penggal statement soal rupiah

Rabu, 28 Agustus 2013 - 10:52 WIB
Chatib minta media tak penggal statement soal rupiah
Chatib minta media tak penggal statement soal rupiah
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan (Menkeu), M Chatib Basri mempertanyakan pernyataan-pernyataan di media bahwa dia menyebut rupiah akan mengalami pelemahan hingga awal 2014.

Menurutnya, beberapa media hanya mengambil beberapa penggalan berita tentang pelemahan rupiah hingga awal 2014 tersebut. Sehingga dia mengkhawatirkan pasar akan kembali tertekan dengan pernyataan sepenggal tersebut.

"Karena penggalan statement bisa berakibat luar biasa, tekanan pasar keuangan nilai tukar itu akan berlanjut tapi pemerintah lakukan stabilisasi," ujar Chatib di Gedung Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Dia menyebut tekanan pada perekonomian dunia dan berdampak pada Indonesia adalah hal yang realistis dan di luar kontrol. "Apalagi ditambah dengan rencana dimulainya tapering off quantitative easing AS," lanjut Chatib.

Meski demikian, Chatib menegaskan walaupun kondisi perekonomian masih cenderung bergejolak, tapi pemerintah dan Bank Indonesia (BI), serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terus melakukan langkah-langkah ke depan.

"Tolong jangan interpretasikan seolah-olah kita melemah sampai awal 2014. Ini kan sinyal seolah-olah kita melakukan pembiaran," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2089 seconds (0.1#10.140)