Dolar melesat, transaksi money changer meningkat

Rabu, 28 Agustus 2013 - 16:48 WIB
Dolar melesat, transaksi money changer meningkat
Dolar melesat, transaksi money changer meningkat
A A A
Sindonews.com - Sejak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) terus melemah, transaksi money changer di Bandung terus meningkat.

Masyarakat yang didominasi kalangan pebisnis terus memadati sejumlah money changer di Bandung. Ramainya penukaran uang salah satunya terjadi di Golden Changer di Jalan Oto Iskandardinata, Kota Bandung.

Supervisor Golden Changer Steven mengatakan, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar berpengaruh terhadap transaksi penukaran uang.

“Memang ada peningkatan transaksi. Tapi belum terlalu signifikan, yaitu antara 15-20 persen,” jelas Steven di Bandung, Rabu (28/8/2013).

Menurut dia, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar berpengaruh terhadap naiknya transaksi jual dan beli rupiah terhadap dolar.

Dalam sehari, transaksi penukaran uang bisa mencapai sekitar 350-400 orang, atau mengalami kenaikan sekitar 15 persen dibanding hari biasa. Sebagian besar yang melakukan transaksi ini adalah pebisnis, mereka butuh dolar untuk transaksi bisnisnya.

Saat ini, lanjut dia, harga jual dolar sebesar Rp11.650/dolar, sedangkan untuk beli diterima Rp11.610/dolar. Nilai tersebut cukup tinggi dibandingkan satu bulan lalu, di mana dolar AS masih pada kisaran Rp8.800/USD.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5038 seconds (0.1#10.140)