Kopti desak pemerintah subsidi harga kedelai

Senin, 09 September 2013 - 17:07 WIB
Kopti desak pemerintah...
Kopti desak pemerintah subsidi harga kedelai
A A A
Sindonews.com - Tingginya harga kedelai dikhawatirkan akan berdampak pada semua sektor industri olahan yang menggunakan bahan baku kedelai. Kopti Jabar berharap pemerintah menyubsidi harga kedelai.

Ketua Pusat Koperasi Perajin Tahu Tempe (Kopti) Jawa Barat (Jabar), Asep Nurdin mengatakan, Kopti Jabar juga menuntut pemerintah menyubsidi harga kedelai. Hal itu karena harga kedelai saat ini sangat tidak rasional.

Dengan harga kedelai sekitar Rp9.500 per kilogram (kg), pemerintah diharapkan menyubsidi sekitar Rp3.500 per kg. Sehingga, harga jual ke masyarakat berkisar Rp6.000 per kg. "Ya paling tidak harga kedelai bisa kembali turun ke Rp6.000 per kg," katanya Senin (9/9/2013).

Langkah lainnya yang bisa diambil pemerintah, kata dia yaitu segera mendatangkan kedelai impor melalui Perum Bulog. Melalui mekanisme tersebut, pasokan kedelai ke dalam negeri diharapkan tidak ada kendala.

Asep menilai, walaupun rencana impor kedelai oleh Bulog cenderung lamban. Namun, Bulog diperkirakan baru mengimpor kedelai dua bulan kedepan. Saat ini ada sekitar 360 ribu ton kedelai di tingkat importir.

Kedelai tersebut diharapkan dibeli Bulog dan diedarkan kepada masyarakat dan perajin. Kedelai tersebut juga bisa diedarkan melalu mekanisme operasi pasar (OP).
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0821 seconds (0.1#10.140)