Harga minyak di Asia melemah

Senin, 16 September 2013 - 10:52 WIB
Harga minyak di Asia melemah
Harga minyak di Asia melemah
A A A
Sindonews.com - Harga minyak di perdagangan Asia hari ini turun, setelah AS-Rusia mencapai kesepakatan penyerahan senjata kimia Suriah guna menghindari serangan militer Barat terhadap rezim Assad.

Kontrak utama New York, minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober, turun 82 sen menjadi USD107,39 per barel. Sementara minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman November turun 88 sen menjadi USD110,82 per barel.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan rekannya dari Rusia Sergei Lavrov mencapai terobosan kesepakatan, Sabtu (14/9/2013) lalu, dalam pembicaraan tiga hari di Jenewa.

Berdasarkan perjanjian tersebut, rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad memiliki waktu sepekan untuk menyerahkan rincian jumlah dan lokasi dari semua bahan kimia yang dimilikinya. Stockpile kemudian akan diserahkan kepada pengawas internasional dan dihancurkan pada pertengahan 2014. Kesepakatan tersebut, memenangkan dukungan China, pemegang hak veto anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Para analis mengatakan, hasil ini telah mencegah kemungkinan serangan pimpinan AS di Suriah untuk menghukum dugaan penggunaan senjata kimia terhadap rakyatnya sendiri.

"Risiko premi atas harga minyak mentah Suriah terus mereda setelah perjanjian AS-Rusia pada hari Sabtu," kata Victor Shum, managing director IHS Purvin and Gertz, Singapura, seperti dilansir dari AFP.

Harga minyak sempat mencapai angka tertinggi multi-bulan pada awal September lalu, di tengah kekhawatiran bahwa AS akan terus maju dengan serangan militernya terhadap Suriah. Saat itu, analis khawatir konflik dapat meluas di negara kaya minyak Timur Tengah.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1032 seconds (0.1#10.140)