Boediono: Masyarakat jangan dihambat beli mobil!

Kamis, 19 September 2013 - 11:50 WIB
Boediono: Masyarakat jangan dihambat beli mobil!
Boediono: Masyarakat jangan dihambat beli mobil!
A A A
Sindonews.com - Wakil Presiden Boediono menjawab surat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Poernama dalam pidato pembukaan 21st Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Rabu (19/9/2013).

Disebutkan Joko Widodo mengirimkan surat kepada wakil pemerintah pusat yang hadir di acara pembukaan IIMS 2013. Tidak disebutkan apa isi surat tersebut, namun Boediono dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa pemerintah pusat tidak akan lepas tangan dari masalah-masalah yang terjadi di DKI Jakarta.

"Kami tidak lepas tangan untuk berupaya mengatasi masalah-masalah yang terjadi di Jakarta seperti kemacetan dan banjir. Jakarta adalah jendela negara," ujarnya.

Dia hanya mengatakan, bentuk perhatian tersebut tetap ada pada koridor kesepakatan yang sudah ditentukan sebelumnya. Pemerintah pusat bertanggung jawab akan tugas-tugas yang telah disepakati sebelumnya. Begitu juga pemerintah daerah yang memiliki tugas-tugas yang telah ditentukan sebelumnya.

"Memang ada kekhawatiran mobil Low Cost Green Car (LCGC) akan menambah masalah kemacetan pada kota-kota Metropolitan seperti Jakarta dan daerah urban lainnya," ujar Boediono.

Menurutnya, masalah tersebut ada solusinya seperti peningkatan kualitas dan kuantitas transportasi umum dan pembebanan biaya seperti electronic road pricing. Boediono menilai, masyarakat tidak boleh dihambat dalam membeli mobil murah.

"Beban mereka dengan biaya jika masuk ke jalan-jalan. Jadi electronic road pricing memang harus dilakukan," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2027 seconds (0.1#10.140)